Setiap Doa Pasti Maslahat


doa, berdoa, adab berdoa, berdoa ketika haid, kelebihan berdoa, cara berdoa, berdoalah, doa mustajab, makbul
D.O.A...Dikabulkan Oleh Allah
Dalam Kitab Majma'ul Jawaa'id, Bab Thalabud Du'a, diutarakan hadits Nabi SAW mengenai kedahsyatan doa. Dari Jabir bin Abdullah berkata, Rasulullah SAW bersabda: 'Maukah kalian aku tunjukkan suatu perkara yang menyelamatkan kalian dari musuh kalian dan mempercepat datangnya rezeki kalian?' (Rasulullah melanjutkan), 'Maka berdoalah pada tengah malam dan pada siang hari kalian, sebab hanya doa yang menjadi senjata ampuh orang beriman."(HR. Abu Ya'la).

Demikianlah manfaat doa, dapat menyelamatkan kita dari musuh sebagaimana dijelaskan di atas dan membuka pintu rezeki. Akankah Allah menolak permintaan hamba-Nya yang setiap malam melakukan qiyamul lail (shalat malam) dan berdoa kepada-Nya. 


Bila tidak, Rasulullah SAW bersabda: "Dari Anas RA berkata, 'Rasulullah SAW bersabda, 'Terus menerus tiada hentinya seorang hamba memperoleh kebaikkan selagi ia tidak menutup jalan kecepatannya (datangnya kebaikan itu). Para sahabat bertanya, 'Ya Nabiyallah, bagaimana orang menutupnya?' Rasulullah SAW bersabda, "Dia berkata, 'Aku telah berdoa, tetapi Allah tidak juga mengijabah doaku." (HR.Ahmad dan Abu Ya'la).

Seorang hamba akan terus-menerus dalam kebaikan jika ia  terus berdoa kepada Allah siang dan malam. Kebaikan Allah adalah masalah ijabah (mengabulkan) Allah untuk hamba-Nya yang berdoa, dan Allah lebih tahu kebaikkan apa yang lebih pantas diberikan untuk hamba-Nya yang memohon. Karenanya, setiap orang beriman mestilah yakin bahwa doa yang dipanjatkannya pasti membawa kebaikan bagi hidupnya di alam dunia hingga
akhirat. 

Sebagian kita terkadang merasa bahwa ketika sudah sekian kali berdoa, tetapi rasanya tidak pernah dikabulkan. Dibenarkankah perasaan dan pertanyaan itu muncul? Tidak. Sebab, Allah itu tergantung sangkaan makhluk kepada-Nya. Kalau kita sudah merasa berdoa terus tetapi tidak diijabah (dikabulkan), sudah pasti doa kita tidak diijabah sama sekali. Allah itu Mahatahu atas segala kebutuhan makhluk-Nya dan lebih mengerti kebaikan apa yang dibutuhkan makhluk-Nya dalam mengarungi jalan kehidupannya.

Dialah yang Maha Mengatur dengan segala qudrat (kuasa, mampu, dan tidak lemah) dan iradat-Nya (kehendak/kemauan Tuhan). Anda pun harus menyadari bahwa semua makhluk berada dalam genggaman kekuasaan Allah. Secara logis, kalau orang banyak berdoa kepada Tuhan, ia tidak akan pernah mengalami kerugian sekecil apa pun. Sebaliknya, keberuntunganlah yang pasti akan ia perolehnya. 

Secara psikologis, terkadang kita butuh seseorang sebagai tempat mengadu untuk sekadar meringankan beban pikiran. Bila sudah diungkapkan maka akan terasa sedikit keringanan. Untuk orang yang berdoa berarti dia mengadukan masalahnya kepada Allah. Allah adalah sebaik-baik teman yang mendengarkan segala pengaduan kita dan pemberi solusi terbaik bagi siapa saja yang merasa membutuhkan. 

Dari apa yang telah diuraikan di atas, yakinkanlah bahwa doa memiliki kekuatan dan banyak mendatangkan manfaat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini  akan diterangkan apa kekuatan dan manfaat doa yang dipanjatkan oleh seorang hamba yang berdoa:
1) Berdoa adalah ibadah, asalkan dengan niat semata-mata memenuhi perintah Allah. Sebab, Allah memerintahkan kita untuk berdoa. 

2) Berdoa akan mendekatkan diri kepada Allah (taqarub). Sebab, dengan berdoa kita merasa butuh kepada Allah dan merasa hina di hadapan Allah. Maka dari itu, bertawadhulah (merendahkan diri) di hadapan Allah. Sebaliknya, orang
yang tidak mau berdoa adalah orang yang sombong di hadapan Allah.

3) Berdoa adalah berdzikir, yakni berdzikir dengan lisan juga dengan hati yang merupakan bagian daripada kunci-kunci mengenal diri kepada Allah dan membuat jiwa menjadi tenang dan tenteram. Allah berfirman, "Ingatlah, hanya
dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram." (QS. Ar Ra'd: 28).

4) Allah mengabulkan doa. Doa-doa yang dipanjatkan kepada Allah tentu dan pasti dikabulkan atau mendatangkan berbagai kebaikan. Sedangkan, apa yang baik dan bermanfaat dalam pandangan Allah SWT sebagai berikut: 

# Hamba itu akan dinaikan derajatnya di hadapan Allah lantaran doanya. 
# Karena banyak dosa, maka doanya itu dijadikan oleh Allah sebagai kafarat (denda yang harus dibayar karena melanggar larangan Allah) atau penghapus dosa-dosanya.
 # Karena keburukan takdir yang akan menimpanya, doa itu akan menjamin keselamatannya dengan mengubah takdir buruknya kepada yang akan menyelamatkan. 
 # Karena tidak terhalang untuk dikabulkan sesuai apa yang dimintanya, Allah SWT berkenan mengabulkan doa sesuai dengan apa yang diminta. 

Macam-macam ijabah (pengabulan) ini jelas dasarnya dalam nash-nash (dalil) Al Quran dan hadits. Jadi, Anda tidak perlu meragukannya. 

5)  Berdoa kepada Allah menunjukkan jati diri, yakni jati diri selaku hamba yang yakin bahwa tidak ada yang dapat memberikan pertolongan dan membuktikan segala sesuatunya selain Allah. Ini adalah ciri mukmin sejati. 

6)  Rasulullah SAW telah memberi kabar gembira kepada kita bahwa Allah malu menolak doanya orang yang berdoa jika ia kembali dengan tangan kosong. Dari Salman Al Farisi RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah Mahahidup lagi Mahamulia. la malu untuk menolak jika seseorang mengangkat kedua tangan memohon kepada-Nya, lalu kembali dengan tangan kosong."    (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Al Hakim)

Berdasarkan uraian tersebut, yakinlah bahwa doa itu pasti akan dikabulkan oleh Allah. Karenanya, bersemangatlah untuk terus berdoa kepada Allah pada siang hari, terlebih berdoa pada tengah malam

Urusan bagaimana Allah mengabulkannya, itu adalah tanggung jawab Allah. Bukan urusan kita sebagai hamba-Nya. Sama seperti halnya kita berusaha, urusan hasilnya adalah tanggung jawab Allah. Jadikanlah kekuatan dan harapan Anda dengan doa dan usaha. Jangan lupa balut semuanya dengan jiwa yang tawakal (berserah diri). Insya Allah hidup akan menjadi berkah dan selamat karena Allah tidak akan henti-hentinya melimpahkan kebaikkan untuk Anda.

"Ya Allah, berilah kami kekuatan dengan sedikit kekuatan-Mu untuk melakukan amal kebaikan dan doa siang malam, agar hidup kami lebih berarti bagi anak cucu kami di dunia hingga akhirat." Amin. 

Tags yang berkaitan dengan doa: berdoa, adab berdoa, berdoa ketika haid, kelebihan berdoa, cara berdoa, berdoalah, cara berdoa kristen, berdoa ketika hujan, cara berdoa yang benar, doa otaknya ibadah. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Setiap Doa Pasti Maslahat

Video Rahasia Doa Yang Mustajab oleh Ust. Yusuf Mansur