Doa adalah Otaknya Ibadah

doa, otak ibadah, cara berdoa, adab berdoa, doa mustajab, kumpulan doa
Doa Otaknya Ibadah
Doa tidak sekadar menjadi ibadah, tetapi juga otaknya ibadah. Ini ditunjukkan oleh sabda Rasulullah SAW dari Anas RA dengan sanad (silsilah riwayat hadits) yang marfu (hadits yang sampai sanadnya kepada Nabi SAW): 
"Doa itu adalah otaknya dari ibadah." (HR. Imam yang empat, dan Imam Turmudzi menshahihkannya)

Otak adalah sarinya, intinya, dan yang paling berarti dari sesuatu itu (ibadah). Demikian yang diterangkan oleh Imam Syaukani dalam kitab Tuhfatudz Dzakkirin. Karena doa adalah intinya ibadah maka setiap ibadah tanpa doa bagaikan buah tanpa isi atau seperti jasad yang tidak memiliki otak waras. 

 
Ayat Al Quran telah mengisyaratkan bahwa doa merupakan ibadah. Karenanya, Allah perintahkan manusia untuk berdoa kepada-Nya dan menyebutkan orang-orang yang tidak beribadah (berdoa) adalah orang-orang yang menyombongkan diri di hadapan Allah.

Alangkah buruknya kesombongan manusia di hadapan Allah SINT karena memalingkan diri dari meminta kepada-Nya. Padahal, kesombongan itu hanya milik Allah, perhiasan Allah, dan kebesaran Allah. Bagaimana mungkin seorang hamba yang lemah dan hina menyombongkan diri di hadapan Allah dengan tidak mau berdoa. 


Padahal, Allah yang mencipta dirinya, menanggung rezekinya, bahkan yang menghidupkan dan mematikan serta memberinya pahala dan siksaan. Tidak diragukan lagi bahwa kesombongan merupakan gejala kegilaan atau bibit-bibit
kekufuran atas segala nikmat yang telah Allah berikan. Jadi, mari kita jadikan doa sebagai rutinitas kita sehari-hari. Sumber: Buku Dahsyatnya Doa Para Nabi.


Tags yang berkaitan dengan doa: berdoa, adab berdoa, berdoa ketika haid, kelebihan berdoa, cara berdoa, berdoalah, cara berdoa kristen, berdoa ketika hujan, cara berdoa yang benar, doa otaknya ibadah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Doa adalah Otaknya Ibadah

Video Rahasia Doa Yang Mustajab oleh Ust. Yusuf Mansur