Doa Sudah Diajarkan Sejak Adam Diciptakan

doa nabi adam taubat, doa nabi adam untuk bertemu hawa, doa nabi adam dan hawaIbnu Abas RA mengatakan, bahwa ketika Allah SWT meniupkan roh ke jasad Adam yang baru diciptakan mulai dari atas kepalanya, lalu ketika roh itu sudah sampai pada separuh jasadnya, hiduplah Adam. Allah takjub sekali dengan kebagusan jasadnya. Lalu, Adam mencoba melangkah dan apa yang terjadi?
 

Adam ternyata terjatuh karena belum dapat melangkah. Itulah sebabnya mengapa manusia selalu tidak sabar. Itu pula kebodohan manusia, sebagaimana Allah berfirman, "Wakaana zholuuman jahuula" (Dan manusia itu selalu zhalim dan bodoh). Setelah usai roh ditiupkan ke seluruh jasadnya, tiba-tiba Adam bersin lalu berkata: 

doa nabi adam taubat, doa nabi adam untuk bertemu hawa, doa nabi adam dan hawa

"Segala puji bagi Allah, segala ilham itu datangnya dari Allah Yang Mahatinggi."

Lalu Allah menjawab:
doa nabi adam taubat, doa nabi adam untuk bertemu hawa, doa nabi adam dan hawa
"Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepadamu hai Adam." (Dikutip dari Tafsir Thabari, 1/202).

Demikian itulah yang pertama kali diajarkan Allah kepada manusia pertama, mengucapkan kalimat doa ketika bersin. Oleh karena itu, ketika ada orang lain bersin, lalu ia mengucapkan "Alhamdulillah", wajib bagi kita menyambut dengan kalimat doa, "Yarhamukallooh" (Semoga engkau dirahmati Allah). 


Dengan penjelasan ini, pahamlah kita bahwa doa ternyata sudah ada dan diajarkan oleh Allah sejak Adam, manusia pertama yang diciptakan. Kemudian, tahukah Anda siapa manusia pertama yang menyesali nasibnya?Siapa pula yang merintih menangis dan mengiba kepada Tuhan dengan doa penyesalannya? 

Jawabannya adalah Adam AS bersama istrinya, Hawa. Mereka pula yang pertama diturunkan dari surga ke bumi, yang pertama menyesali nasibnya karena terusir dari surga, dan yang pertama menangis dalam doanya memohon ampun serta rahmat-Nya agar kelak dikembalikan lagi ke surga. Sumber: Buku Dahsyatnya Doa Para Nabi.

Tags yang terkait dengan doa nabi adam: doa nabi adam taubat, doa nabi adam untuk bertemu hawa, doa nabi adam dan hawa, doa nabi yunus, doa nabi ibrahim, doa nabi nuh, doa nabi yusuf, doa nabi musa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Doa Sudah Diajarkan Sejak Adam Diciptakan